URAIAN TUGAS JABATAN STRUKTURAL

DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN PEMALANG

  • Kepala Disparpora

Kepala Disparpora mempunyai uraian  tugas sebagai berikut

  1. menetapkan Rencana Strategis (Renstra) dan  Rencana Kerja (Renja) urusan  pemerintahan  bidang pariwisata, pemuda dan  olahraga dengan mengacu pada  Rencana Kerja Pemerintah  Daerah (RKPD) dan  Rencana Pembangunan  Jangka  Menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman penyusunan  Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan  Dokumen Pelaksanaan  Anggaran (DPA);
  2. merumuskan usulan  Rencana Kerja dan  Anggaran (RKA) dan  Dokumen Pelaksanaan  Anggaran (DPA) dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) dan  Rencana Kerja (Renja) urusan  pemerintahan  bidang pariwisata, pemuda dan olahraga sebagai acuan  pelaksanaan  kegiatan;
  3. merumuskan kebijakan teknis urusan  pemerintah  bidang pariwisata, pemuda  dan olahraga sesuai dengan program  dan  kegiatan bidang sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. mengarahkan penyelenggaraan program  dan  kegiatan bidang pariwisata, pemuda dan  olahraga sesuai dengan pedoman pelaksanaan  agar penyelenggaraannya sesuai dengan sasaran  dan  tujuan  yang telah ditentukan;
  5. merumuskan inovasi daerah  urusan  pemerintah  bidang pariwisata, pemuda  dan  olahraga berdasarkan  hasil analisa  dan  atau  pemanfaatan teknologi untuk  efektivitas pelaksanaan  pekerjaan  dan  meningkatkan kualitas pelayanan  publik;
  6. mengarahkan penyediaan dan  pelayanan informasi publik yang berkaitan dengan urusan  pemerintahan  bidang pariwisata, pemuda dan  olahraga sesuai kebutuhan  pelayanan  publik dalam  rangka  pemutakhiran informasi publik;
  7. mengarahkan Sistem  Pengendahan Intern Pemerintah  (SPIP) urusan pemerintahan  bidang pariwisata, pemuda dan  olahraga sesuai dengan indikator Sistem Pengendalian Intern  Pemerintah  (SPIP) dalam  rangka mencapai sasaran  dan  tujuan  organisasi;
  8. mengarahkan pengelolaan Admnistrasi Umum, Perencanaan  Program  dan Anggaran, Ketatausahaan, Dokumen Pelaksanaan  Anggaran (DPA) bidang perikanan sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan  Anggaran (DPA) agar penyelenggaraannya tepat sasaran  dan  tujuan  yang telah  ditentukan; dan
  9. merumuskan laporan  dibidang pariwisata, pemuda  dan  olahraga berdasarkan  data  dan  analisa  sebagai informasi dan  pertanggungjawaban Bupati;
  10. mengevaluasi pelaksanaan program  dan  kegiatan urusan  pemerintahan bidang pariwisata, pemuda dan  olahraga sesuai dengan rencana  program dan  kegiatan  yang telah  ditetapkan  dalam  rangka  perbaikan  kinerja; dan
  11. melaksanakan tugas kedinasan  lain  yang diberikan oleh pimpinan  sesuai dengan  tugas dan  fungsi dalam  rangka  mendukung  kinerja organisasi.
  • Sekretaris

Sekretaris Disparpora mempunyai uraian  tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program  dan  kegiatan  kesekretariatan  sesuai dengan dokumen perencanaan  sebagai bahan  penyusunan  dokumen rencana kerja dan  anggaran;
  2. mengkoordinasikan usulan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kerja dan  Anggaran (RKA) dan  Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) urusan  pemerintahan  bidang pariwisata  dan  urusan pemerintahan  bidang pemuda dan  olahraga dengan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah  Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka  Menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  3. menyusun rancangan  kebijakan kesekretariatan  sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan  tugas;
  4. menyelenggarakan program dan kegiatan Subbagian Bina Program  dan Keuangan serta Subbagian Umum  dan Kepegawaian sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) agar penyelenggaraannya tepat sasaran  dan  tujuan yang telah  ditentukan;
  5. mengoordmasikan penyediaan dan pelayanan informasi publik sesuai dengan undang-undang keterbukaan informasi publik dalam  rangka pemutakhiran  informasi public;
  6. menyelenggarakan Sistem Pengendahan Intern  Pemerintah  (SPIP) urusan pemerintahan  bidang pariwisata dan  urusan  pemerintahan  bidang pemuda dan olahraga sesuai dengan indikator Sistem Pengendahan Intern Pemerintah (SPIP) dalam  rangka  pengendahan  internal kegiatan;
  7. menyusun konsep inovasi kesekretariatan berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan  public;
  8. mengoordinasikan konsep inovasi dan pelaksanaan tugas bidang-bidang guna keterpaduan  pelaksanaan  tugas;
  9. mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiaian kesekretariatan sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan  kinerja,
  10. mengoordinasikan penyusunan laporan  urusan  pemerintahan  bidang pariwisata dan urusan pemerintahan  bidang pemuda dan  olahraga berdasarkan hasil laporan sebagai informasi dan  pertanggung jawaban pelaksanaan tugas; dan
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan  oleh pimpinan  sesuai dengan  tugas dan  fungsi dalam  rangka mendukung  kinerja organisasi.
  • Kepala Subbagian Bina Program  dan  Keuangan

Kepala Subbagian Bina Program dan Keuangan mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program  dan kegiatan  Subbagian  Bina Program  dan Keuangan sesuai dengan dokumen  perencanaan sebagai bahan penyusunan  dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun usulan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja), Rencana Kerja dan  Anggaran (RKA) dan  Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) urusan pemerintahan bidang pariwisata dan urusan pemerintahan bidang pemuda dan olahraga dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  3. melaksanakan pengelolaan admnistrasi bina program dan keuangan  sesuai dengan pedoman perencanaan dan  pengelolaan keuangan  daerah  guna tertib administrasi;
  4. Mengelola data urusan  pemerintahan  bidang pariwisata  dan urusan  pemerintahan  bidang pemuda dan  olah raga melalui sistem informasi pembangunan  daerah  guna  pengendalian dan  evaluasi pembangunan  daerah;
  5. melaksanakan  kegiatan venfikasi dan  pencairan  anggaran  sesuai surat pertanggungjawaban keuangan  guna  pengendalian pengelolaan keuangan;
  6. menyusun  konsep dokumen pertanggung jawaban  kinerja yang meliputi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP), Laporan Pelaksanaan  Anggaran Pendapatan  dan  Belanja Daerah serta dokumen pertanggungjawaban lamanya sesuai dengan  panduan pembuatan  laporan  sebagai bahan  pertanggungjawaban;
  7. menyusun konsep laporan keuangan  yang meliputi Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan  Ekuitas (LPE), Neraca, dan Catatan  atas  Laporan Keuangan (CaLK), serta  laporan keuangan  lainya sesuai dengan pedoman pengelolaan keuangan  daerah  guna  tertib  administrasi;
  8. menyiapkan bahan inovasi Sub B agian Bina Program  dan Keuangan berdasarkan  ldentifikasi permasalahan  dan  analisa  guna meningkatkan  efektivitas kerja dan  kualitas pelayanan  publik;
  9. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) urusan pemerintahan  bidang pariwisata, pemuda dan olahraga sesuai dengan indikator Sistem  Pengendalian Intern  Pemrintah (SPIP) dalam rangka  pengendalian internal kegiatan;
  10. mengevaluasi pelaksanaan  tugas Sub Bagian Bina Program dan Keuangan sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan  kinerja;
  11. menyusun  bahan  laporan  urusan  pemerintahan  bidang pariwisata dan  urusan  pemerintahan  bidang pemuda dan  olahraga berdasarkan  hasil laporan sebagai m formasi dan  pertanggung jawaban  pelaksanaan  tugas;
  12. menyusun  laporan  pelaksanaan  tugas Sub bagian  Bina Program dan  Keuangan secara  efektif dalam  rangka  pertanggung jawaban pelaksanaan  tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedmasan lam yang dibenkan oleh pimpman sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kmerja organisasi.
  • Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian

Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. mengelola administrasi umum meliputi surat menyurat, dokumentasi dan kearsipan secara efektif guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. mengelola administrasi kehumasan meliputi keprotokolan dan informasi publik secara efektif guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. mengelola administrasi kerumahtanggaan meliputi pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan, penataan ruang kantor, pemeliharaan kebersihan, keamanan kantor, fasilitasi penyelenggaraan rapat dinas, dan barang milik daerah secara efektif guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. mengelola ketatalaksanaan meliputi penyusunan sistem dan prosedur kerja sesuai dengan target kerja guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. mengelola administrasi kepegawaian sesuai dengan peraturan kepegawaian guna tertib administrasi;
  7. melaksanakan penyediaan dan pelayanan informasi publik sesuai dengan undang-undang keterbukaan informasi publik dalam rangka pemutakhiran informasi publik;
  8. menyiapkan bahan inovasi Subbagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  9. mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Subbagian Umum dan Kepegawaian sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  10. menyusun laporan pelaksanaan tugas Subbagian Umum dan Kepegawaian secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  • Kepala Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif

Kepala Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun konsep rancangan kebijakan Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. menyelenggarakan program dan kegiatan Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif sesuai dengan pedoman pelaksanaan agar penyelenggaraannya tepat sasaran dan tujuan yang telah ditentukan;
  4. menyusun rancangan inovasi Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan menmgkatkan kualitas pelayanan publik;
  5. mengoordmasikan pelaksanaan tugas dengan unit kerja terkait sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan guna keterpaduan pelaksanaan tugas;
  6. mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  7. menyusun laporan pelaksanaan tugas Bidang Sarana Panwisata dan Ekonomi Kreatif secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  8. melaksanakan tugas kedmasan lam yang dibenkan oleh pimpman sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kmeija orgamsasi.
  • Kepala Seksi Sarana Panwisata

Kepala Seksi Sarana Panwisata mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan pada Seksi Sarana Panwisata sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan sarana panwisata sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melaksanakan kegiatan identifikasi pengembangan saran
  4. panwisata secara analisis sebagai bahan untuk mendapatkan data tentang sarana panwisata;
  5. melaksanakan kegiatan fasilitasi pengadaan prasarana (zona/ruang kreatif/kota kreatif) sesuai dengan pedoman pelaksanaan untuk memberikan ruang berekspresi, berpromosi dan berinteraksi bagi insan kreatif;
  6. melaksanakan fasilitasi pengembangan sarana dan prasarana panwisata pada daya tank wisata sesuai dengan pedoman pelaksanaan guna pembangunan dan pengembangan daya tarik wisata;
  7. melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan terhadap sarana dan prasarana panwisata sesuai dengan pedoman pelaksanaan untuk mewujudkan destinasi pariwisata yang aman dan nyaman;
  8. melaksanakan kegiatan pengendalian, pemeliharaan, pengembangan dan pelestanan lmgkungan serta sumber daya alam daya tank wisata sesuai dengan Peraturan Kementenan Kebudayaan dan Pariwisata untuk mewujudkan day a tank wisata yang berwawasan lmgkungan, melaksanakan kegiatan pembmaan terhadap usaha perhotelan, home stay/pondok wisata, rumah makan, restoran, gelanggang olahraga dan permaman, rekreasi dan lempat hiburan umum, biro perjalanan wisata, produk cmderamata, jasa boga dan makanan khas sesuai dengan tujuan dan sasaran guna penmgkatan standar mutu produk usaha jasa dan prasarana Pariwisata;
  9. melaksanakan kegiatan pendataan usaha jasa dan sarana pariwisata guna terpantaunva usaha jasa dan sarana pariwisata;
  10. menyiapkan bahan movasi Seksi Sarana Pariwisata berdasarkan ldentifikasi permasalahan dan analisa guna efektmtas pelaksanaan pekerjaan dan menmgkatkan kuahtas pelayanan publik;
  11. mengevaluasi pelaksanaan tugas Seksi Sarana Pariwisata sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  12. menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Sarana Pariwisata secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedmasan lain yang dibenkan oleh pimpman sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  • Kepala Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kepala Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan pada Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan pengembangan ekonomi kreatif sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melaksanakan fasilitasi penmgkatan kapasitas sumber daya manusia panwisata dan ekonomi kreatif tmgkat dasar melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan guna membenkan pelayanan pnma kepada masyarakat sehingga dapat menmgkatkan kapasitas, etos kerja dan mengubah pola pikir aparatur bidang pariwisata dan ekonomi kreatif;
  4. melaksanakan fasilitasi pendanaan bagi usaha mikro dan kecil di bidang kepanwisataan melalui penmgkatan akses dan dukungan permodalan agar usaha mikro dan kecil di bidang kepariwisataan dapat berkembang;
  5. melaksanakan kegiatan pembmaan dan pengembangan standar mutu pelayanan pariwisata, kualitas ketenagakeijaan dan sumber daya manusia komponen panwisata pada usaha, jasa dan tenaga keija panwisata sesuai dengan peraturan Kementenan Kebudayaan dan Panwisata guna penmgkatan kualitas pelayanan panwisata dan profesionalisme ketenagakerjaan dan sumber daya manusia komponen pariwisata pada usaha, jasa dan tenaga kerja pariwisata;
  6. menyiapkan bahan movasi Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  7. mengevaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kmerja,
  8. menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;dan
  9. melaksanakan tugas kedmasan lam yang dibenkan oleh pimpman sesuai dengan tugas dan fungsi dalam langka mendukung kmerja orgamsasi.
  • Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun rancangan kebijakan potensi dan kerjasama panwisata sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. menyusun rancangan kebijakan promosi panwisata sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. menyelenggarakan program dan kegiatan Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata sesuai dengan pedoman pelaksanaan agar penyelenggaraannya tepat sasaran dan tujuan yang telah ditentukan;
  5. menyusun konsep movasi Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  6. mengoordinasikan pelaksanaan tugas seksi di Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata guna keterpaduan pelaksanaan tugas;
  7. mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  8. menyusun laporan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan dan Promosi Panwisata secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  • Kepala Seksi Potensi dan Kerjasama Panwisata

Kepala Seksi Potensi dan Kerjasama Panwisata mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Seksi Potensi dan Kerjasama Pariwisata sesuai dengan dokumen rencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan potensi dan kerjasama pariwisata sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. menyiapkan konsep Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Kabupaten sesuai dengan peraturan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata guna penyusunan panduan pengembangan pariwisata;
  4. melaksanakan fasilitasi penggalian potensi daya tarik wisata, destinasi pariwisata dan kawasan strategis pariwisata sesuai dengan pedoman pelaksanaan untuk meningkatkan potensi kepariwisataan;
  5. menganalisis lokasi yang akan dijadikan sebagai destinasi pariwisata dan daya tarik wisata guna pembangunan destinasi pariwisata dan daya tarik wisata;
  6. melaksanakan kegiatan mventansasi penggalian dan pengelolaan produk pariwisata sesuai dengan hasil pengolahan data dan informasi produk pariwisata guna penyediaan data dan informasi yang akurat;
  7. melaksanakan pemantauan pengelolaan produk panwisata melalui kegiatan penyuluhan dan pendampingan guna peningkatan daya saing produk panwisata;
  8. melaksanakan fasilitasi pengembangan jenis dan paket wisata unggulan melalui proses identifikasi data dan informasi yang dimiliki guna pengembangan destinasi pariwisata;
  9. melaksanakan kegiatan pelatihan dan penelitian kepariwisataan sesuai dengan pedoman pelaksanaan untuk menmgkatkan kompetensi aparatur dan mendukung pembangunan kepariwisataan;
  10. melaksanakan kegiatan bimbingan masyarakat sadar wisata melalui penyuluhan dan pendampmgan untuk menmgkatkan pemberdayaan masyarakat setempat;
  11. melaksanakan inisiasi kerjasama dan kemitraan antara Pemerintah/Dinas Teknis dengan para pelaku/msan panwisata, lembaga/organisasi atau asosiasi usaha di bidang kepariwisataan sesuai dengan pedoman pelaksanaan guna kelancaran dalam kegiatan kerjasama;
  12. menyiapkan bahan inovasi Seksi Potensi dan Kerjasama Pariwisata berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  13. mengevaluasi pelaksanaan tugas di lmgkungan Seksi Potensi dan Kerjasama Pariwisata sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  14. menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Potensi dan Kerjasama Pariwisata secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  15. melaksanakan tugas kedmasan lam yang dibenkan oleh pimpman sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kmerja organisasi.
  • Kepala Seksi Promosi Panwisata

Kepala Seksi Promosi Panwisata mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Seksi Promosi Panwisata sesuai dengan dokumen rencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan promosi panwisata sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melaksanakan kegiatan promosi dan pemasaran destmasi panwisata dan produk panwisata pada lmgkup dalam negen maupun luar negen melalui pengembangan janngan promosi panwisata dalam bentuk kegiatan roadshow dan touring marketing guna pemngkatan jumlah kunjungan wisatawan dalam negen dan mancanegara;
  4. melaksanakan kegiatan kerjasama dengan Badan Promosi Panwisata Daerah sesuai dengan Undang-Undang tentang Kepanwisataan guna pengembangan kepanwisataan daerah;
  5. melaksanakan kegiatan pengelolaan dan penyebarluasan data mformasi mengenai potensi budaya dan panwisata melalui berbagai macam media yang tersedia untuk memudahkan akses mformasi;
  6. menyusun bahan koordmasi kegiatan kerjasama Pusat Informasi Panwisata, kehumasan dan pemasaran kepanwisataan sesuai dengan pedoman pelaksanaan guna keterpaduan pelaksanaan tugas;
  7. mengumpulkan bahan dan menyusun konsep analisa pasar sesuai dengan pedoman pelaksanaan guna efektifitas analisa pasar;
  8. menyusun rancangan kegiatan pemilihan duta wisata sesuai dengan pedoman pelaksanaan guna kelancaran kegiatan pemilihan duta wisata;
  9. menyiapkan bahan movasi Seksi Promosi Panwisata berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan memngkatkan kualitas pelayanan publik;
  10. mengevaluasi pelaksanaan tugas di lmgkungan Seksi Promosi Panwisata sesuai dengan rencana progi am dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kmerja;
  11. menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Promosi Panwisata secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain yang dibenkan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kmerja organisasi.
  • Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Bidang Pemuda dan Olahraga sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun rancangan kebijakan kepemudaan sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. menyusun rancangan kebijakan keolahragaan sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  4. menyelenggarakan program dan kegiatan Bidang Pemuda dan Olahraga sesuai dengan pedoman pelaksanaan agar penyelenggaraannya tepat sasaran dan tujuan yang telah ditentukan;
  5. menyusun konsep movasi Bidang Pemuda dan Olahraga berdasarkan ldentifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan memngkatkan kualitas pelayanan publik;
  6. mengoordinasikan pelaksanaan tugas seksi di Bidang Pemuda dan Olahraga guna keterpaduan pelaksanaan tugas;
  7. mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pemuda dan Olahraga sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  8. menyusun laporan pelaksanaan tugas Bidang Pemuda dan Olahraga secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  9. melaksanakan tugas kedmasan lam yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  • Kepala Seksi Pemuda

Kepala Seksi Pemuda mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Seksi Pemuda sesuai dengan dokumen rencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan kepemudaan sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melaksanakan fasilitasi yang meliputi penyadaran, pemberdayaan pengembangan pemuda dan kepemudaan terhadap pemuda pelopor dan pemuda kader, pengembangan profesionalisme, kepemimpman dan kepeloporan pemuda, serta pemberdayaan dan pengembangan orgamsasi kepemudaan melalui pendidikan, pelatihan, pengaderan, pendampmgan, dan forum kepemimpman pemuda guna peningkatan pembangunan kepemudaan;
  4. melaksanakan fasilitasi pengembangan pemuda dan kepemudaan terhadap wirausaha muda pemula melalui pelatihan, pemagangan, pembimbmgan, pendampmgan, kemitraan, promosi, dan bantuan akses permodalan guna penmgkatan pembangunan kepemudaan;
  5. melaksanakan pembinaan dan pengembangan pada organisasi kepramukaan serta organisasi dan kegiatan kepemudaan sesuai pedoman pelaksanaan guna penmgkatan kapasitas din menuju kemandirian pemuda;
  6. melaksanakan fasilitasi pengembangan llmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta pembinaan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) bagi generasi muda sesuai pedoman pelaksanaan untuk meningkatkan pemberdayaan pemuda;
  7. menyiapkan bahan seleksi program pertukaran pemuda dan pelajar sesuai dengan pedoman pelaksanaan guna kelancaran kegiatan seleksi program pertukaran pemuda dan pelajar;
  8. menyusun konsep rancangan usulan penganugerahan prestasi bidang kepemudaan sesuai tujuan dan sasaran sebagai bentuk apresiasi terhadap pemuda berprestasi;
  9. melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemudaan sesuai pedoman pelaksanaan guna pengembangan kepemimpman, kewirausahaan dan kepeloporan,
  10. menyusun konsep rancangan kegiatan yang memuat upaya-upaya antisipatif terhadap kejadian yang berdampak destruktif bagi pemuda secara berkala untuk mencegah terjadinya destruksi pada pemuda antara lam bahaya narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lamnya, seks bebas, HIV/AIDS, pornografi dan pornoaksi, prostitusi, perdagangan manusia, ancaman menurunnya kualitas moral, konflik sosial, perpecahan bangsa, serta hilangnya komitmen dan rasa kebangsaan;
  11. menyiapkan bahan inovasi Seksi Pemuda berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  12. mengevaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pemuda sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  13. menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Pemuda secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.
  • Kepala Seksi Olahraga

Kepala Seksi Olahraga mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan Seksi Olahraga sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyiapkan bahan rancangan kebijakan keolahragaan sesuai dengan program dan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melaksanakan kegiatan kejuaraan olahraga tingkat kabupaten dan pekan olah raga daerah berdasarkan pada tujuan keolahragaan nasional, dan prinsip penyelenggaraan keolahragaan dalam rangka memasyarakatkan olahraga, menjaring bibit atlet potensial, meningkatkan kebugaran dan kesehatan, meningkatkan prestasi olahraga, memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan ketahanan nasional;
  4. melaksanakan pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga pendidikan pada jenjang pendidikan yang menjadi wewenang pemerintah daerah sesuai pedoman pelaksanaan guna pengembangan potensi, kemampuan, minat dan bakat peserta didik;
  5. melaksanakan pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga rekreasi sesuai pedoman pelaksanaan dalam rangka mengembangkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial;
  6. melaksanakan pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga prestasi sesuai pedoman pelaksanaan dalam rangka mencapai prestasi olahraga pada tingkat daerah Provinsi;
  7. melaksanakan pembinaan dan pengembangan organisasi olahraga tingkat daerah Kabupaten guna peningkatan kapasitas dan kualitas keolahragaan.
  8. menyiapkan bahan inovasi Seksi Olahraga berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna efektivitas pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik;
  9. mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Olahraga sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kmerja;
  10. menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi Olahraga secara efektif dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang dibenkan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam rangka mendukung kinerja organisasi.

URAIAN TUGAS JABATAN STRUKTURAL

UNIT PENGELOLA OBYEK WISATA

PADA DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN PEMALANG

Kepala UP Obyek Wisata mempunyai uraian tugas sebagai berikut

  1. merencanakan program dan kegiatan pengelolaan obyek wisata sesuai dengan dokumen perencanaan sebagai bahan penyusunan dokumen rencana kerja dan anggaran;
  2. menyusun konsep pengelolaan obyek wisata sesuai dengan rencana kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melaksanakan pengelolaan Administrasi Umum, Perencanaan Program dan Anggaran, Ketatausahaan, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) UP Obyek Wisata sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) agar penyelenggaraannya tepat sasaran dan tujuan yang telah ditentukan;
  4. mengelola ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kehumasan dan rumah tangga pada UP Obyek Wisata untuk tertib pelaksanaan tugas;
  5. menetapkan harga tanf masuk obyek wisata sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan guna penmgkatan Pendapatan Ash Daerah (PAD);
  6. melaksanakan pemungutan retribusi dan sewa fasilitas pada obyek wisata sesuai dengan target yang ditentukan guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  7. melaksanakan pengelolaan obyek wisata meliputi pelayanan informasi, dan publikasi obyek wisata sesuai dengan program keija guna;
  8. melaksanakan pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada pada UP Obyek Wisata sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan guna terwujudnya pengaturan yang tertib;
  9. menyiapkan bahan inovasi UP Obyek Wisata berdasarkan identifikasi permasalahan dan analisa guna meningkatkan efektivitas kerja dan kualitas pelayanan publik;
  10. mengevaluasi pelaksanaan tugas UP Obyek Wisata sesuai dengan rencana program dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam rangka perbaikan kinerja;
  11. menyusun bahan laporan UP Obyek Wisata berdasarkan hasil laporan sebagai informasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi dalarn rangka mendukung kinerja organisasi.