Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pemalang

Pemalang adalah salah satu dari 35 Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Pantura Pulau Jawa berjarak ± 138 km sebelah barat ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Semarang) dan  ± 350 km sebelah timur ibukota Indonesia (Jakarta) dengan letak geografis :

  • Bujur Timur                      : 109°17’30” – 109°40’30”
  • Lintang Selatan (LS)    : 8°52’30” – 7°20’11”

Dengan batas Wilayah :

  • Sebelah Utara       : Laut Jawa
  • Sebelah Barat       : Kabupaten Tegal
  • Sebelah Selatan    : Kabupaten Purbalingga
  • Sebelah Timur      : Kabupaten Pekalongan


Luas wilayah Kabupaten Pemalang ± 101.200 Ha, dengan jumlah penduduk ± 14 juta jiwa. Kondisi geografis Kabupaten Pemalang terdiri dari Pantai / Dataran Rendah, Dataran Tinggi dan Pegunungan yang memiliki udara sejuk, sehingga potensi pariwisata Kabupaten Pemalang sangat potensial untuk dikembangkan karena beragam jenisnya.

Menurut Undang – Undang nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, keberlanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai – nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup seta kepentingan nasional.

Pembangunan Kepariwisataan meliputi Industri Kepariwisataan, Destinasi Pariwisata, Pemasaran dan Kelembagaan Kepariwisataan.

Kabupaten Pemalang berada diantara Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pekalongan, serta bagian selatan terdapat Kabupaten Purbalingga, secara geografis Kabupaten Pemalang dikelilingi oleh tempat wisata yang telah dikenal luas oleh wisatawan seperti Guci di Kabupaten Purbalingga.

Obyek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Pemalang lebih bervariasi, mulai dari pegunungan, dataran tinggi, bukit tinggi, daerah pantai atau pesisir. Obyek wisata yang berhubungan  dengan spiritual dimiliki oleh Kabupaten Pemalang, namun dari sekian potensi pengembangan wisata yang ada belum dimanfaatkan sevara maksimal sehingga dibutuhkan strategi pembangunan pariwisata yang baik.

Obyek wisata di Pemalang dapat di kelompokkan ke dalam 3 (tiga) kategori yaitu :

  1. Wisata Alam
  2. Wisata Buatan
  3. Wisata Budaya / Religi